Musim Kemarau Harga Sembako Mulai Naik
info siskaperbapo / 2014-10-08

Sepekan jelang Hari Raya Idul Adha, harga beberapa produk kebutuhan pokok di Bojonegoro tak mengalami kenaikan kecuali beras. Namun kenaikan justru terjadi hampir seluruh produk sayuran akibat dampak musim kemarau dan perayaan Hari Raya Idul Adha lalu.
?Kecap, minyak goreng tak naik, telur ayam bahkan turun harganya,? ungkap Sulastri pedagang  Sembako di Pasar Kota Bojonegoro, Selasa (7/10).
Menurut Sulastri, harga kecap, minyak goreng curah, tepung terigu dan gula memang tak mengalami kenaikan. Sementara untuk harga telur ayam justru turun Rp1.000 per kg. Hal berbeda justru terjadi dengan harga sayuran. Rata-rata harga sayuran naik bervariasi. Menurutnya, untuk harga kentang dari yang sebelumnya Rp8 ribu kini menjadi Rp9 ribu.
?Sekitar sepekan yang lalu, semua kenaikan harga Sembako mulai terlihat,?? ujarnya.
Musim kemarau yang terjadi sejak beberapa bulan terkakhir membuat berbagai tanaman banyak yang gagal panen, akibatnya stoknya terbatas. Sehingga memicu naiknya harga sembako.
Hal senada dikatakan Tina, pedangang Sembako yang juga berjualan di pasar setempat, naiknya harga Sembako kini juga diperngaruhi karena tingginya permintaan di pasaran. Banyaknya orang mengadakan hajatan di Bulan Besar ini juga menjadi salah satu naiknya harga Sembako ini.
Dijelaskan, harga bawang merah yang sebelumnya hanya Rp9.500 kini menjadi Rp13 ribu, dan harga bawang putih di tempatnya dari harga semula yang hanya Rp8 ribu menjadi Rp11 ribu.
Sementara itu, untuk harga beberapa jenis cabai masih stabil, hanya cabai kriting yang melojak tinggi. Harga cabai kriting naik drastis, bahkan hampir setengah dari bulan-bulan sebelumnya.
??Harga cabai kriting kini Rp24 ribu dari yang semula hanya Rp18 ribu per kilonya,?? tuturnya.
Hampir semua harga Sembako kini mengalami kenaikan. ??Kenaikan itu sudah biasa saat Hari Raya,?? imbuhnya. [bas]

Berita & Informasi
2019-10-17

Pergerakan harga komoditi bawang di Jawa Timur relatif stabil

Tren perkembangan harga untuk komoditi bawang di Jawa timur selama 30 hari terakhir relatif stabil,  Dari pantauan siskaperbapo, Informasi har...
2019-10-16

Statistik aktifitas siskaperbapo periode oktober 2019

Dari catatan log sistem siskaperbapo tanggal 15 oktober 2019 dapat dilihat dari traffic viewed terdapat 10599 pengunjung unik, 19760 jumlah pengunjung...
2019-10-16

Harga cabai rawit di pasar tradisional berangsur turun

Harga berbagai jenis cabai di pasar tradisional berangsur turun. Ini seiring datangnya masa panen raya. Dari pantauan siskaperbapo di 119 Pasar pantau...
2019-10-10

Pantauan Harga Bahan Pokok di Jawa Timur Relatif Stabil

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur berharap harga harga bahan pokok,penting danstrategistetap stabil selama masa Tahun Baru 2019. Hingga s...